Internet dan Media Sosial
Kayaknya kehidupan kita sekarang tidak bisa lepas dari teknologi yang namanya internet. Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) di tahun 2023, menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai lebih dari 215 juta orang. Tapi apa sih sebenarnya internet itu? Internet merupakan jaringan komputer yang memungkinkan satu komputer saling berhubungan dengan komputer lain secara luas, sehingga pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer lainnya.
Perkembangan pemanfaatan internet ini memunculkan dua jenis aplikasi yang populer digunakan saat ini yaitu aplikasi percakapan dan aplikasi media sosial. Berdasarkan data dari “We are Social”, di Januari 2024 jumlah pengguna dua jenis aplikasi ini di Indonesia sudah mencapai 167 juta orang. WhatsApp menjadi aplikasi percakapan yang paling banyak digunakan di Indonesia, sementara Instagram menjadi aplikasi Media Sosial yang paling banyak digunakan.
Apa sih bedanya
Aplikasi Percakapan
dengan Media Sosial?
Sebenarnya apa sih perbedaan antara aplikasi percakapan dan media sosial? Selayaknya orang mengobrol, aplikasi percakapan juga merupakan media yang dapat digunakan untuk berbincang-bincang, baik secara pribadi maupun berkelompok, yang pada dasarnya bersifat tertutup. Beberapa aplikasi percakapan yang populer di Indonesia, seperti: WhatsApp, Telegram, FB Messenger, Discord, Signal, dan sebagainya.
Sementara media sosial memungkinkan setiap penggunanya berinteraksi satu sama lain dengan menciptakan konten informasi dan membagikannya dan juga menerima informasi dari pengguna yang lain. Berbeda dengan aplikasi percakapan, media sosial pada dasarnya bersifat terbuka. Beberapa ciri dari media sosial adalah memungkinkan setiap orang untuk membuat akun, adanya halaman profil untuk setiap pengguna yang menyajikan data pengguna, fitur untuk membuat konten dan membagikannya, interaksi dengan pengguna lain yang dapat dilakukan melalui memberi komentar dan tombol suka, adanya tanda waktu dari setiap postingan, dan lain-lain.
Saat ini terdapat banyak aplikasi media sosial yang ada di internet. Secara umum aplikasi media sosial tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut:
Yuk, Kita Gali Manfaat Media Sosial
Kamu pakai media sosial buat apa sih? Berdasarkan data dari We Are Social (2023), 5 (lima) alasan utama warganet indonesia menggunakan media sosial adalah sebagai berikut :
- Menjaga hubungan dengan teman atau keluarga
- Mencari inspirasi untuk bekerja atau belanja
- Mencari konten yang menarik
- Mengisi waktu luang
- Mengetahui apa yang sedang diperbincangkan oleh orang
Nah, kalo kamu alasannya apa coba?
Entah kita seorang pelajar, mahasiswa, guru, pegawai swasta, ASN, pengusaha dan lain-lain, kita bisa memanfaatkan media sosial untuk hal yang positif dan kreatif. Secara umum berikut manfaat penggunaan media sosial:
Membangun hubungan
Fungsi dasar dari media sosial adalah alat untuk bersosialisasi. Jadi kita bisa memanfaatkan media sosial ini untuk membangun hubungan dengan banyak orang. Semakin banyak kita berjejaring akan semakin banyak peluang yang bisa kita dapatkan, tentunya berjejaring dengan orang yang positif ya, jangan yang toxic. Untuk pelaku UMKM, media sosial juga bisa digunakan membangun hubungan dengan pelanggannya. Berdasarkan data dari IPSOS (2018), menyebutkan bahwa 81% pengguna di Indonesia suka berinteraksi dengan UMKM di Instagram.
Pencitraan (Branding)
Media sosial memberi kita kesempatan untuk menyampaikan tentang apa yang kita kuasai dan seperti apa kita ingin dikenal. Kita bisa posting hobi, karya, keahlian, pengalaman kita dan sebagainya, sehingga orang akan bisa melihat kita ini siapa. Termasuk jika kita pelaku UMKM, kita bisa menampilkan usaha kita di media sosial agar lebih dikenal orang.
Meningkatkan visibilitas
Jika kita konsisten mengelola postingan di media sosial, maka konten kita berpotensi untuk dilihat lebih banyak orang. Konten yang bagus akan dibagikan, semakin banyak orang yang membagikannya, semakin banyak orang yang melihatnya. Tapi gak cuma posting, kita juga harus berinteraksi dengan konten orang jika ingin lebih dilihat. Semakin banyak dilihat orang maka pencitraan atau dagangan kita bisa lebih laku.
Media pembelajaran
Dari media sosial, kita bisa banyak belajar. Ada video editor yang jago hanya belajar dari YouTube, belajar membangun konten lewat instagram, belajar tip dan trik aplikasi perkantoran dari TikTok dan masih banyak lagi. Pilihlah konten yang bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kita
Sarana hiburan
Dan tentunya kita banyak menemukan konten-konten yang menghibur di media sosial, bener gak?
Jadi, Bagaimana Caranya
agar Media Sosial bisa Efektif?
Agar kita bisa mendapatkan manfaat dari media sosial, kita harus mengelola media sosial dengan baik.ini langkah-langkah yang bisa dilakukan :
Membuat profil yang jelas
Buat nama akun yang singkat dan jelas menggambarkan siapa kita atau apa usaha kita dengan foto profil yang sesuai. Buat deskripsi yang menggambarkan isi dari medsos. Dan untuk UMKM, lengkapi lokasi, link dan kontak di profil yah.
Posting konten yang beragam dan konsisten
Konsistensi posting itu penting agar konten kita semakin besar kemungkinanannya dilihat orang, tapi jangan monoton. Posting konten yang beragam jenisnya. Buat follower betah mengikuti kita. Kalau kehabisan ide, boleh coba minta bantuan ChatGPT atau bard.google.com, aplikasi berbasis kecerdasan artifisial (AI) yang bisa membantu kita memberikan usulan ide untuk postingan sesuai dengan arahan kita.
Rajin berinteraksi
Engagement sangat penting dalam algoritma media sosial/Berilah respon pada setiap komen yang masuk dan jangan segan-segan untuk juga memberikan like atau comment di postingan orang
Takarir (caption) yang bercerita
Baris pertama menentukan untuk sebuah caption. Buat kalimat yang kuat di sana (piramida terbalik). Tambahkan ajakan untuk berinteraksi. Jangan lupa untuk menggunakan tagar (#) yang tepat
Visual yang menarik
Visual penting buat media sosial, buat gambar atau video yang menarik perhatian orang.